Selasa, 22 November 2011

NASIB PARA ATLIT SEA GAMES | Prestasi atlet Indonesia pada SEA Games ini membanggakan. Bagaimana nasib mereka kelak?

NASIB PARA ATLIT SEA GAMES | Prestasi atlet Indonesia pada SEA Games ini membanggakan. Bagaimana nasib mereka kelak?

Prestasi atlet-atlet Indonesia dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara kali ini terbilang memukau. Torehan emas yang mereka raih dalam SEA Games kali ini merupakan buah dari kerja keras dan perjuangan panjang mereka. Namun, bagaimana nasib mereka usai masa keemasan ini berlalu?

Mari kita lihat contoh atlet-atlet yang berjuang demi mengharumkan nama bangsa sebelum ini, dan akhirnya terlupakan. Mereka adalah Samuel, Edo, dan Marina. Samuel adalah mantan atlet kejuaraan lari halang rintang. Tahun 80-an merupakan era keemasannya. Ia memenangkan medali emas atau pun perak dalam SEA Games di Filipina, Taiwan Open, dan kejuaraan bergengsi lainnya.
http://asaltulis-andri.blogspot.com/2011/11/4-hal-yang-membuat-perempuan-jaduh.html



Setelah pensiun, lelaki bergaya nyentrik itu banting setir menjadi pengelola parkir di lingkungan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Nasib lebih memilukan dialami oleh Edo, putra Ambon yang berkali-kali melambungkan nama bangsa di kejuaraan tinju Korea, China, Thailand, sampai Australia.

Setelah dua tahun turun dari ring tinju, Edo harus rela menjadi tukang parkir di areal Kompleks Gelora Bung Karno. Di tempat ini pula, ia mencari sesuap nasi demi istri dan kedua anaknya. Edo dan keluarganya hanya tinggal di rumah kontrakan. Di rumah itu, hanya ada satu kamar tidur, satu kamar mandi, satu ruang tamu, beserta dapur kecil di ujung lorong. Kondisinya sungguh memprihatinkan.

Ada pula Ina Marina Susanti, atlet pencak silat yang kini beralih profesi menjadi sopir taksi, demi menghidupi kedua anaknya. Marina pernah mengharumkan bangsa pada SEA Games 1980 di Singapura. Saat itu, usianya masih belia. Kini, jalan hidup membuat Marina harus bekerja sebagai sopir taksi untuk tetap hidup.

Begitulah nasib Samuel, Edo, dan Marina. Ketiganya menorehkan prestasi gemilang di dunia olahraga, membuat Indonesia dieluk-elukkan di berbagai kejuaraan regional maupun internasional. Tapi sayang, momen kemenangan dan prestasi yang mereka raih, kini hanya menjadi kenangan dalam perjalanan hidup mereka.
• VIVAnews

Tidak ada komentar: